Menikmati Keindahan Laut Di Pantai Sendang Biru Malang

Pantai Sendang Biru adalah pantai pesisir selatan yang mempunyai pemandangan indah berupa air laut yang baru dan hamparan pasir putih yang terbentang luas.

Pantai Sendang Biru merupakan kawasan wisata pantai yang cukup populer di daerah malang. Salah satu kota yang ada di Jawa Timur ini memang menawarkan beragam wisata yang sangat unik dan indah. Salah satunya yakni pantai tersebut yang notabene adalah pantai pesisir selatan yang ada di tepi samudera Indonesia.

Letak dari pantai ini tidak begitu sulit untuk ditemukan. Akses menuju ke tempat wisata ini sama halnya dengan akses menuju obyek wisata lain yang tak kalah terkenalnya yaitu segara anakan dan pulau sempu. Lokasi pantai sendang biru ada di desa tambakrejo, tepatnya dusun sendangbiru, yang sesuai namanya, kabupaten malang, kecamatan sumbermanjing wetan, jawa timur. Meskipun lokasinya ada di pesisir selatan dari pulau jawa dan terkenal sebagai pantai dengan ombak besar, pantai yang satu ini ternyata mempunyai ombak yang cukup tenang.

Hal-hal menarik di kawasan lokasi pantai sendang biru

Indahnya pemandangan laut adalah hal pertama yang membuat anda terkesan saat berkunjung ke Sendang Biru Malang ini. Kawasan wisata ini mempunyai hamparan pasir putih serta air laut yang berwarna biru. Tak hanya itu, deretan perbukitan yang hijau mengelilingi kawasan pantai membuatnya menyajikan pemandangan yang begitu asri dan alami. Anda bisa berjalan-jalan santai ataupun duduk di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan pulau sempu yang terlihat dari kejauhan. Kawasan pantai ini juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin berlama-lama disini.

Dipinggiran sendang biru ini terdapat kapal atau perahu nelayan yang bersandar. Kapal-kapal tersebut ternyata tidak hanya digunakan untuk menangkap ikan oleh para nelayan namun digunakan untuk disewakan kepada para pengunjung. Anda dapat menyewanya untuk mengelilingi pantai ataupun melihat pemandangan di bawah laut seperti terumbu karang serta ikan-ikan berukuran kecil disekililingnya secara langsung dari tengah pantai yang bisa dilihat dengan jelas. Perahu yang disewakan ini mampu menampung hingga 12 orang. Sehingga, semakin banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan yakni memancing ikan atau berenang, disamping menikmati indahnya pemandangan di sekililing pantai.

Daya tarik lain yang cukup unik di kawasan sendang biru adalah adanya tempat pelelangan ikan atau pasar ikan. Sendang biru adalah kawasan yang memang kaya dengan hasil lautnya. Di pasar ini, anda dapat menjumpai beragam ikan seperti ikan tuna, tongkol, lemurung, tenggiri teri, kakap putih, kerapu, kembung, ikan pari, kakap merah, cucut, cumi-cumi, lobster, dan bawal putih. Harga ikan-ikan tersebut juga relatif terjangkau namun juga mengikuti musim. Ketika ombak cukup tinggi, harga mungkin juga naik karena pada saat itu para nelayan berhenti melaut dan stok ikan hanya sedikit dan menipis.

Tarif masuk dan rute menuju ke lokasi pantai sendang biru

Dari kota Malang, jarak pantai ini terbilang jauh yakni sekitar 67 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2.5 hingga 3 jam tergantung kondisi jalan dan lalu lintas. Satu-satunya alternatif menuju ke pantai ini adalah menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju pantai sendang biru cukup ekstrim khususnya saat hujan turun. Jalan yang dilalui berkelok-kelok dengan adanya turunan ataupun tanjakan. Jalan juga menyempit di titik tertentu.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai pesisir selatan ini, para pengunjung harus membayar retribusi sebesar 5.000 rupiah saja. Cukup murah bukan? Setelah itu, anda bisa leluasa menikmati pemandangan pantai dan melakukan aktivitas seru lainnya. Tertarik untuk pergi ke Pantai Sendang Biru? Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *